KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N WRINGINJAJAR 03

ALIYAH, DINA NUR (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N WRINGINJAJAR 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI DINA NUR ALIYAH_20120239_PGSD'20.pdf] Text
SKRIPSI DINA NUR ALIYAH_20120239_PGSD'20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DINA NUR ALIYAH. NPM 20120239. “Keefektifan Model Project Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV
SD N Wringinjajar 03”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Prof. A. Y. Soegeng Ysh., M. Pd., Pembimbing II
Veryliana Purnamasari, S. Pd., M. Pd. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar matematika di kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03. Hal tersebut disebabkan
kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan
motivasi siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan guru di
sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran
project-based learning efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD
Negeri Wringinjajar 03? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan model project-based learning dalam muatan
pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Eksperiment Design dengan desain Nonequivalet Pretes-Posttest Control Group
Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wringinjajar
03 tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV A dan
IV B dengan menggunakan Teknik Non-Probability Sampling berbentuk sampel
jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan nontes. Tes meliputi
pretest dan posttest. Sedangkan nontes meliputi observasi dan dokmentasi.
Hasil analisis data siswa dibuktikan dengan menggunakan uji-t diperoleh
hasil nilai thitung (32,97) > ttabel (2,007) dan koefisien tersebut signifikan pada taraf
5% dan db = 52. Kesimpulannya bahwa hasil belajar pada kelas IV SD Negeri
Wringinjajar 03 setelah menggunakan model project-based learning lebih baik dari
hasil belajar dengan menggunakan model konvensional. Hal ini berarti model
project-based learning efektif diterapkan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran
matematika di kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
supaya model project-based learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:56
Last Modified: 01 Oct 2024 04:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item
View Item