PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IPAS SISTEM PENCERNAAN FASE C DI SDN 2 BABAKTULUNG REMBANG

NAJIH, DALILUN (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IPAS SISTEM PENCERNAAN FASE C DI SDN 2 BABAKTULUNG REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI DALILUN NAJIH.pdf] Text
SKRIPSI DALILUN NAJIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

DALILUN NAJIH. 20120364. “Pengembangan Modul Ajar Interaktif Berbasis
Augmented reality Materi IPAS Sistem Pencernaan Fase C di SDN 2 Babaktulung”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2024 Pembimbing I Dr. Siti Patonah, M.Pd. dan
pembimbing II Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih terbatasnya
pengembangan modul ajar interaktif berbasis augmented reality yang dapat
membantu siswa memahami materi IPAS sistem pencernaan secara lebih
mendalam. Hal ini dikarenakan masih jarang adanya pengembangan modul ajar
IPAS berbasis augmented reality di Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul ajar interaktif
berbasis Augmented reality materi IPAS sistem pencernaan fase C. 2) Menganalisis
tingkat validitas modul ajar interaktif berbasis Augmented reality materi IPAS
sistem pencernaan fase C. 3) Menganalisis tingkat kepraktisan modul ajar interaktif
berbasis Augmented reality materi IPAS sistem pencernaan fase C.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau RnD dengan
model 4D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design
(Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dissemiate (Penyebaran). Subjek uji
coba penelitian yang diambil adalah 39 peserta didik kelas V SDN 2 Babaktulung
Rembang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti menghasilkan
produk modul ajar IPAS berbasis augmented reality yang didalamnya terdapat
informasi umum modul, langkah-langkah pembelajaran, bahan ajar, LKPD,
asesmen dan instrumen penilaian, serta media ajar digital assemblr edu materi
sistem pencernaan dan media konkret digestive tube. Dari hasil validasi ahli
diperoleh penilaian oleh ahli media dan ahli materi secaara berturut-turut adalah
93,7% dan 89% dengan kriteria “sangat valid”. Selain itu terdapat penilaian
kepraktisan yang dilakukan oleh guru kelas diperoleh nilai rata-rata persentase
88,7% dengan kriteria “sangat praktis”. Sedangkan respon siswa diperoleh
persentase 97,4% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah penerapan modul ajar menunjukkan adanya kenaikan 21,05% pada kelas
uji coba.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya modul ajar interaktif berbasis augmented reality materi IPAS sistem
pencernaan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar dan
dapat membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam.
Kata Kunci: Pengembangan Modul Ajar, Augmented reality, Assemblr edu, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:31
Last Modified: 01 Oct 2024 04:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item
View Item