MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO DI TK PETRA SEMARANG

PRASTIWI, CHRISTINE (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO DI TK PETRA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Christine (19156060).pdf] Text
Skripsi Christine (19156060).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Christine Prastiwi, NPM 19156060, judul skripsi “ Meningkatkan Kemampuan
Berbahasa Ekspresif Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Bermain Peran Mikro Di TK
Petra Semarang ”
Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa
ekspresif anak melalui bermain peran mikro. Penelitian ini dilakukan karena
kemampuan berbahasa ekspresif anak di TK Petra belum muncul.
Jenis metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kurk
Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Adapun objek lokasi Penelitian TK Petra Semarang
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) anak dapat
memberikan perhatian penuh pada saat proses belajar, 2) anak mampu berbahasa
ekspresif secara baik saat bermain peran mikro, 3) anak memperhatikan saat
diajak berbicara sebelum anak bermain peran mikro, 4) anak dapat mengikuti
aturan – aturan yang diberikan guru saat kegiatan bermain peran mikro, 5) anak
dapat mengembangkan kata saat bermain peran mikro, 6) anak dapat berbahasa
ekspresif tidak mudah terganggu karena suara – suara yang ada didalam kelas
sesuai dengan imajinasi anak, 7) anak dapat berbahasa ekspresif dengan lugas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berbahasa ekspresif anak dengan bermain peran mikro yang terjadi pada setiap
siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Dimana pada pertemuaan pertama siklus 1
jumlahnya siswa yang tuntas hanya 4 anak, kemudian mengalami peningkatan
berbahasa ekspresif pada pertemuan ke dua sebanyak 5 anak. Pada Siklus ke 2
pertemuan pertama mengalami peningkatan berbahasa ekspresif anak melalui
bermain peran mikro sebanyak 9 anak, pada pertemuan kedua sebanyak 11 anak
dan pertemuan ketiga semua siswa mengalami peningkatan berbahasa ekspresif
melalui bermain peran mikro sebanyak 15 anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:11
Last Modified: 01 Oct 2024 04:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item
View Item