Kiranasari, Asy-Syifa Puspa (2024) PENGEMBANGAN MOBILE EDUKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_Asy-Syifa_20310036.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran,
yaitu Mobile edukasi pada materi aljabar menggunakan pendekatan
kontekstual untuk meningkatkan berpikir kritis siwa dengan mengetahui
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan
Research and Development. Dalam penelitian dan pengembangan ini
menggunakan model ADDIE, dengan lima tahap: Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dari penelitian ini yaitu
siswa kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Hasil yang didapatkan yaitu,
Mobile Edukasi dinyatakan: (1) Valid dalam penggunaan menurut ahli
media dengan persentase 87% sedangkan untuk ahli materi, pada materi
pembelajaran mendapatkan persentase 97,43%, modul ajar mendapatkan
persentase 93,45%, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mendapatkan
persentase 95,58%, dan soal pre-test dan post-test mendapatkan persentase
92,5% masuk pada kategori ―sangat Baik‖. (2) Praktis digunakan menurut
respond siswa dengan persentase 81,48% sedangkan hasil respon guru
pelajaran, mendapatkan persentase 80% masuk dalam kategori ―sangat
Baik‖. (3) Efektif digunakan dengan rerata hasil belajar siswa dalam
kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen berada pada persentase
73.81% dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci : mobile edukasi, pengembangan, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5021 |