Latifah, Latifah (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGAN MORAL SISWA BERLANDASKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KARANGJAMBU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Latifah 19210060.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Skripsi yang berjudul “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Moral Siswa Berlandaskan Nilai-nilai
Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Karangjambu”, penelitian ini
dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang timbul dari moral siswa,dan
kurangnya penerapan nilai-nilai pancasila dari diri siswa dilingkungan sekolah
yang terihat dari perilaku siswa seperti,merosotnya rasa sopan santun, dan acuh
dalam menaati tata tertib sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimana peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa berlandaskan
nilai-nilai pancasila. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana
peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa dengan berlandaskan nilai�nilai pancasila di SMP N 1 Karangjambu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Lokasi penelitian berada di SMP N 1 Karangjambu. Fokus penelitiannya adalah
peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa berlandaskan nilai-nilai
Pancasila di SMP N 1 Karangjmabu.Dengan indikator 1) Peran guru PPKn sebagai
pendidik 2) Peran guru PPKn sebagai teladan 3) Peran guru sebagai motivator
dalam dalam mengembangkan morala sisiwa.Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan
cara triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian 1) Peran Guru PPKn sebagai pendidik yaitu memberikan
didikan dalam proses kegiatan pembelajaran dengan memberikan ruang kepada
siswa dalam mengikuti proses belajar dengan nyaman, dan melakukan pembiasaan
rutin yang ditujukan agar dapat menjadikan siswa memiliki rasa percaya diri untuk
melakukan kebiasaan baik. 2) Peran Guru PPKn sebagai teladan yaitu menerapkan
sikap sopan santun,disipin dalam berpakaian,memiliki rasa tanggungjawab yang
tinggi ketika melakukan perbuatan yang kurang baik, serta memiliki sikap
kepedulian terhadap sesamanya. 3) Peran Guru PPKn sebagai motivator yaitu
dengan memberikan motivasi dan dorongan yang memberikan dampak kepada
siswa agar menjadi antusis dalam kegiatan pembelajaran,dan agar dapat mendorog
siswa membawa perubahan terhadap moral mereka.Kesimpulan penelitian ini dari
peran guru sebagai pendidik, teladan dan motivator mendapati hasil bahwa dalam
menjalankan perannanya guru malakukan dengan sangat baik, dan usaha yang
maksimal,munculnya kendala dari faktor internal dari diri siswa itu sendiri dan
faktor eksternal dari lingkungan sekolah,upaya yang guru lakukan dengan
meningkatakan kerjaama dan menjalin komunikasi antar orangutua, siswa dan
pihak sekolah.Saran bagi guru PPKn untuk meningktakan komunikasi dan menjalin
kerjasama yang baik anatara orangtua siswa, dan pihak sekolah, dan saran bagi
siswa untuk memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi dan menaati aturan sekolah
yang telah sekolah tetapkan.
Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Pengembangan Moral, Nilai-nilai Pancasila
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:33 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/502 |