MUNFAATIKA, DINA and UNSPECIFIED (2024) STRATEGI MENGASAH SOFT SKILLS MELALUI PEMBELAJARAN KARYA SENI KOLASE SISWA KELAS IV SD NEGERI TIMBULSLOKO 02 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI _DINA MUNFAATIKA _20120324_.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
DINA MUNFAATIKA. NPM 20120324. ―Strategi Mengasah Soft Skills
Melalui Pembelajaran Karya Seni Kolase Siswa Kelas IV SD N
Timbulsloko 02 Kabupaten Demak‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitin ini adalah perkembangan
keterampilan siswa yang sering terabaikan oleh orang tua atau bahkan guru, anak
kurang terampil dan cara berpikir kritis siswa kurang. Kemudian siswa kurang
percaya diri saat berbicara di depan kelas sehingga menyebabkan kurang
optimalnya perkembangan soft skills siwa. Salah satu kegiatan pembelajaran yang
dapat mengasah soft skills siswa yaitu kegiatan membuat karya seni kolase
dengan menggunakan media biji-bijian. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana strategi mengasah soft skills melalui pembelajaran karya seni
kolase siswa kelas IV SD N Timbulsloko 02?. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi mengasah soft skills siswa
kelas IV melalui pembelajaran karya seni kolase.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian
tentang data yang akan dikumpulkan dan diungkapkan dalam bentuk gambar dan
kata-kata yang disusun dalam suatu kalimat. Penelitian ini dilakukan di SD N
Timbulsloko 02 Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis data yang didapat melalui observasi, angket, wawancara dan
dokumentasi. Dapat diketahui bahwa strategi mengasah soft skills siswa
dalam pembelajaran karya seni kolase sangat penting, karena dapat mengasah
soft skills siswa kelas IV SD N Timbulsloko 02 Kabupaten Demak melalui 7
indikator yang dinilai memaksimalkan keterampilan berkomunikasi, berpikir
kritis dan memecahkan masalah, kerja sama tim, belajar sepanjang hayat dan
manajemen
informasi,
memiliki
jiwa kewirausahaan,
etika
moral
dan
professional serta keterampilankepemimpinan. Hasil persentase 7 indikator yang
dinilai melalui lembar observasi pada pertemuan I dengan nilai 68% dengan
kategori baik dan pertemuan II mengalami perkembangan dengan nilai 87%
dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai persentase dan hasil wawancara
disimpulkan bahwa strategi mengasah soft skills siswa melalui pembelajaran
karya seni kolase dapat dikatakan berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
guru harus menyadari pentingnya soft skills siswa karena keterampilan soft
skills sangat penting bagi masa depan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5019 |