IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMA TIGA SUBTEMA SATU PEMBELAJARAN LIMA PADA SISWA KELAS TIGA SDN SEMBUNG 02 KECAMATAN BANYUPUTIH TAHUN AJARAN 2023/2024

KHAFIDHOH, NURUL (2024) IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMA TIGA SUBTEMA SATU PEMBELAJARAN LIMA PADA SISWA KELAS TIGA SDN SEMBUNG 02 KECAMATAN BANYUPUTIH TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi  nurul 22126031.pdf] Text
skripsi nurul 22126031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NURUL KHAFIDHOH. NPM 22126031. ”Implementasi Metode
Jigsaw Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Tema Tiga
Subtema Satu Pemebalajaran Lima Pada Siswa Kelas Tiga SDN
Sembung 02 Kecamatan Banyuputih”. Skripsi Program studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas tiga
SDN Sembung 02 tahun 2023/2024. Data yang telah di kumpulkan
yaitu
dengan
metode
wawancara,
observasi
dan
pencatatan&dokumen kemudian dianalisis dengan metode
deskrifti kuantitatif dan dmeskripsi kualitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa metode jigsaw learning dapat meni singkatkan
prestasi belajar tema tiga subtema satu pembelajaran lima pada
siswa kelas tiga SDN Sembung 02 Kecamatan Banyuputih
Kabupaten Batang.
Secara kuantitatif tampak dari perolehan nilai Pada pra
siklus terdapat 4 siswa yang tuntas dalam pemeblajaran dengan
persentase 25% dan 12 siswa yang belum tuntas dengan presentase
75%. Pada pra tahap nilai rata-rat siswa adalah 62,125. Kemudian
pada tahap 1 terdapat 8 siswa yang tuntas dalam pemebelajaran
presentase 50% dan 8 siswa yang belum tuntas dengan presentase
50%. Untuk nilai rata-rata siswa adalah 68,375. Dan yang terakhir
adalah tahap II yang mana terjadi peningktan hasil belajar yang
cukup signifikan. Terhadap 14 siswa yang tuntas dalam
pemeblajaran dengan presentase 87,5% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan presentase 12,5%. Pada siklus II ini nilai rata-rata
siswa adalah 78,125.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:49
Last Modified: 01 Oct 2024 02:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item
View Item