AUNILLAH, MAULIDAH (2024) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUGUH KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI MAULIDAH AUNILLAH PGSD _compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
MAULIDAH AUNILLAH. NPM 20120358
“Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar
Seri Siswa Kelas III SD Negeri 2 Puguh Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2024.
Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan menulis karangan
deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri 2 Puguh
Kabupaten Kendal. Latar belakang penelitian ini adalah siswa sekolah dasar masih
sering mengalami kesulitan untuk dalam hal memulai membuat sebuah tulisan. Hal
ini disebabkan karena kurangnya latihan dan kurangnya pengetahuan siswa dalam
penulisan yang baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran serta
menganalisis hasil keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media
gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah subjek 3 anak. Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
observasi,
wawancara,
tes
dan
dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa proses
pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri siswa
kelas III berlangsung kondusif tapi masih ada siswa yang masih bergurau sendiri
selama pembelajaran berlangsung. Hasil menulis karangan deksripsi menggunakan
media gambar seri diperoleh 1 siswa dengan nilai tinggi, presentasenya sebesar
6,25 % , 2 siswa dengan nilai sedang, presentasenya adalah 13,5 % , 13 siswa
dengan nilai rendah, presentasenya adalah 81,25 %. Keterampilan menulis
karangan deskripsi siswa menggunakan media gambar siswa siswa kelas III adalah
rendah. Keterampilan menulis dengan rata-rata rendah memiliki permasalahan
diantaranya yaitu siswa merasa kesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang
benar dalam sebuah tulisan, kurangnya keaktifan membaca dan referensi membaca
siswa, masih kebingungan apa yang harus dimulai.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
siswa agar lebih rajin dalam membaca buku agar memperluas wawasan mengenai
kosa kata, harus lebih banyak berlatih untuk menulis agar tulisan menjadi rapi. Guru
diharapkan mampu menerapkan dan membangun kebiasaan siswa dalam menulis
karangan deskripsi sesuai dengan aturan penulisan yang benar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5013 |