KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 05 SEMARANG

NISA, AULIA (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 05 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skirpsi_Aulia Nisa_20120219.pdf] Text
Skirpsi_Aulia Nisa_20120219.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

AULIA NISA. NPM 20120219. “Keefektifan Model Project Based Learning
Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 05
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
penggunaan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPAS dan
rendahnya hasil belajar IPAS. Guru dalam pembelajarannya masih sering
menggunakan model konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah model project based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa
kelas IV di SD Negeri Pedurungan Kidul 05? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based
learning efektif terhadap hasil belajar IPAS.
Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Jenis kuantitatif dalam
bentuk eksperimen semu (quasi experiemental reserch) dengan desain
nonequvalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 03 & SD Negeri
Pedurungan Kidul 05 Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan
Kidul 05 & 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 03. Sampling yang
digunakan penelitian adalah teknik non probability sampling yang merupakan jenis
sampling jenuh karena teknik penentuan sampel ini digunakan apabila semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Hasil perhitungan menggunakan rumus uji t diperoleh thitung = 2,810.
Kriteria thitung > ttabel yaitu 2,810 > 2,004 sehingga H0 ditolak. Hal ini juga
dibuktikan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 84,64 dan kelas kontrol
memperoleh jumlah rata-rata sebesar 79,64. Kesimpulannya bahwa penggunaan
model pembelajaran PjBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa
Kelas IV.
Penggunaan model pembelajaran PjBL perlu digunakan saat pembelajaran
di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. Diadakannya penelitian lebih
mendalam mengenai dari berbagai aspek keterampilan dan sikap dengan
penggunaan model pembelajaran PjBL untuk menyempurnakan penelitian ini.
Saran yang dapat peneliti sampaikan agar penggunaan model pembelajaran
Project Based Learning dapat dijadikan sebagai masukkan bagi guru dalam
pembelajaran serta dapat membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:35
Last Modified: 01 Oct 2024 02:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item
View Item