Rochmah, Siti (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TK TUNAS BANGSA 1, UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
siti rochmah_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Rochmah, Siti. 2024. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi
Pedagogik Guru di TK Tunas Bangsa 1, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang”.
Tesis. Pembimbing I Dr. Titik Haryati, M. Si.; dan Pembimbing II Dr. Rasiman,
M. Pd.
Peran kepala sekolah sebagai edukator, administrator, manager, dan
supervisor dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di TK Tunas Bangsa
1 Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan (1) bagaimana peran kepala sekolah sebagai edukator dalam
menigkatkan kompetensi pedagogik guru, (2) bagaimana peran kepala sekolah
sebagai admistrator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, (3)
bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru, (4) bagaimana peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di TK Tunas
Bangsa 1 Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisi kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran kepala sekolah sebagai
educator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru cukup baik, kepala
sekolah melakukan bimbingan dan arahan dalam mengajar dan teguran kepada
guru apabila bermasalah; mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan pelatihan
dan pendidikan, kegiatan KKG dan memberikan kesempatan kepada guru untuk
melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi; dan membimbing guru, (2) peran
kepala sekolah sebagai admistrator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru antara lain: membantu guru dalam merencanakan prorgram pengajaran,
mengkoordinir pembagian tugas mengajar guru, membantu meningkatkan
ketrampilan mengajar, dan membantu guru dalam mengelola asesmen, (3) peran
kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru yaitu melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran.
Saran dari penelitian ini, bagi kepala sekolah hendaknya meningkatkan
manajerial yang baik, terlebih perannya sebagai administrastor agar guru selalu
menyusun administrasi dengan baik dan lengkap, kepala sekolah hendaknya
memberikan reward kepada guru yang disiplin dan kinerjanya bagus. Bagi dinas
terkait, hendaknya dapat memberikan bimbingan teknis penguatan peran kepala
sekolah dan lebih memperhatikan kesejahteraan guru.
Kata kunci: peran kepala sekolah dan pedagogik guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:32 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5007 |