KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS 4 SDN RACI BATANGAN PATI

ZAINATUNNISA, FADHILAH (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS 4 SDN RACI BATANGAN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FADHILAH ZAINATUNNISA.pdf] Text
FADHILAH ZAINATUNNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

FADHILAH ZAINATUNNISA. NPM 20120252. “Keefektifan Model Project
Based Learning (PjBL) Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas 4
SDN Raci Batangan Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Arfilia Wijayanti,
S.Pd., M.Pd dan Duwi Nuvitalia, M.Pd, Juli, 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada mareti IPAS peserta didik kelas 4 SDN Raci Batangan Pati.
Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang
variatif dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan model
project based learning berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN
Raci Batangan Pati?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan model project based learning berdiferensiasi
terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Raci Batangan Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain pre-
experimental berupa one-group pretest posttest design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Raci Batangan Pati tahun Pelajaran 2023/2024.
Sampel yang diambil adalah 28 siswa dengan menggunakan teknik non-
probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data penelitian ini
diperoleh melalui tes dan dokumentasi.
Hasil analisis pada kelas control nilai pretest diperoleh nilai terendah 40
dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 62,85. Sedangkan nilai posttest memperoleh
nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 87,42. Berdasarkan
analisis uji t paired sample T-test diperoleh thitung sebesar 14.332 sedangkan ttabel
2.532 dan taraf signifikan 5% sebesar 55 karena hasil thitung > ttabel maka H0 ditolak
Ha diterima, maka dapat diartikan Ada keefektifan model project based learning
berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Raci Batangan Pati.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model project based learning berdiferensiasi dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar karena menumbuhkan suasana belajar menjadi
aktif, menyenagkan, dan efektif sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:16
Last Modified: 01 Oct 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item
View Item