ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL WORD PROBLEM TIPE HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Widyastuti, (Ira Apriliani (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL WORD PROBLEM TIPE HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Ira Apriliani.pdf] Text
Skripsi Ira Apriliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan siswa dalam pemahaman konsep matematika untuk menyelesaikan
soal word problem tipe hots menjadi latar belakang pada penelitian ini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa dengan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal word problem
tipe hots. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri
2 Karangawen. Sedangkan untuk penarikan sampel menggunakan teknik
purposive sampling, sampel yang diambil dari 26 siswa yaitu 2. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana dalam pelaksanaannya
menggunakan observasi, test, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara
interaktif dan berlangsung terus menerus dan melalui 3 tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa subjek yang memiliki gaya kognitif reflektif memunculkan ketiga indikator
kemampuan pemahaman konsep, dibanding siswa dengan gaya kognitif impulsif
yang belum memunculkan ketiga indikator pemahaman konsep. Oleh karena itu,
penting bagi siswa untuk berlatih soal-soal model HOTS agar dapat meningkatkan
pemahaman konsep yang baik.
Kata Kunci: Gaya Kognitif, HOTS Soal, Pemahaman Konsep, Word
Problem

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:47
Last Modified: 30 Sep 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4991

Actions (login required)

View Item
View Item