UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SDN I DONGOS KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA TAHUN 2023/2024

Fahrida, Laili (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SDN I DONGOS KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA TAHUN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FINAL LAILI FAHRIDA 22236011.pdf] Text
SKRIPSI FINAL LAILI FAHRIDA 22236011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Laili fahrida/22236011 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing
Bawah Bola Voli Melalui Permainan Bola Gantung Pada Siswa Kelas
V SDN 1 DONGOS Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara
Tahun 2023/2024”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan
Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2024.
Jenis penelitian yang dipakai yaitu peneliti menggunakan kolaborasi
dengan guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 4 kali tatap muka atau dua siklus, setiap siklusnya
masih ada dua kali tatap muka. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih
banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan keterampilan
passing bawah. Hal ini dikarenakan bola yang digunakan bola voli standar,
sehingga siswa merasa takut. Bola dianggap besar, berat, keras dan sering
mengalami sakit pada tangan. Adanya keterbatasan sarana dan prasarana
dalam permainan bola voli seperti alat permainan bola voli. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah melalui
permainan bola gantung. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan
berpedoman pada teori profesionalitas guru dan hasil belajar. Metode
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 1 Dongos yang berjumlah 34 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar
observasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada 24 siswa atau 71% tuntas dan 10 siswa atau 29% tidak tuntas
dari 34 siswa secara keseluruhan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
implmentasi pembelajan dengan modifikasi permainan bola gantung dapat
digunakan sebagai literasi untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah
bola voli.
Kata Kunci: Passing bawah, permainan bola gantung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:24
Last Modified: 30 Sep 2024 04:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item
View Item