PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DAN KARTU HURUF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS 3 SD NEGERI TENGKI 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

NURANI, FANI DWI (2024) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DAN KARTU HURUF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS 3 SD NEGERI TENGKI 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Other thesis, U.

[thumbnail of SKRIPSI FANI JADI-dikompresi.pdf] Text
SKRIPSI FANI JADI-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FANI DWI NURANI NPM 17120347. “Penggunaan Media Papan Flanel Dan
Kartu Huruf Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 3 SD Negeri Tengki 01
Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan siswa dalam belajar,
dilihat dari hal yang terkecil seperti, sarana dan prasarana sekolah yang tidak
memadai. Hal lain yang sering dihadapi guru-guru yaitu metode yang digunakan
tidak sesuai. Seperti halnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang
kebanyakan siswa meremehkanya, padahal ilmu bahasa itu selalu berkembang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media
papan flanel dan kartu huruf dalam proses pembelajaran. 2) Bagaimana kelayakan
media papan flanel dan kartu huruf dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian
yang hendak dicapai 1) Ingin mengetahui penggunaan media papan flanel dan
kartu huruf dalam proses pembelajaran. 2) Ingin mengetahui kelayakan media
papan flanel dan kartu huruf dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif Deskriptif yaitu data
yang terkumpul berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka, kalaupun ada
hanya sebagai penunjang. Peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan
metode ceramah dan latihan. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Pada
akhir siklus II dilakukan pengisian angket oleh siswa tentang kelayakan
penggunaan papan flanel dan kartu huruf.
Hasil yang diperoleh pada pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa dengan
menggunakan media papan flanel dan kartu huruf guru dapat dengan mudah
mengajarkan mengenal huruf dan membaca. Sesuai dengan hasil angket respon
siswa terhadap kelayakan media papan flannel dan kartu huruf menunjukkan
bahwa persentase respon siswa SD Negeri Tengki 01 diperoleh skor 84,34% dan
dikatakan sangat layak sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa
media pembelajaran papan flannel dan kartu huruf mendapatkan respon positif
dari siswa, sehingga media pembelajaran papan flanel dapat digunakan dalam
proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:59
Last Modified: 30 Sep 2024 03:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item
View Item