INDRAWATI, ETI (2024) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN KEMBANGLANGIT KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI ETI _compressed_compressed - Yunita Arfiani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Eti
Indrawati.
NPM
20120093.
“Keefektifan
Pembelajaran
Berdiferensiasi Proses melalui Model Problem Based Learning (PBL) terhadap
Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penlitian ini adalah sistem pendidikan
yang kini menggunakan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran yang beragam
di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk
mendalami konsep da menguatkan kompetensi. Untuk mewujudkan pendidikan
dengan Kurikulum Merdeka hendaknya guru memenuhi kebutuhan gaya belajar
setiap siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran
berdiferensiasi proses melalui model Problem Based Learning efektif terhadap
hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang?
Tujuan yang hendak dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
Keefektifan Pembelajaran Berdiferensiasi Proses melalui Model Problem Based
Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN
Kembanglangit Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretets-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN
Kembanglangit Kabupaten Batang yang berjumlah 13 siswa.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh hasil pre test sebanyak 75%
siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan hasil post test sebanyak
90% siswa dengan rata-rata 88. Analisis uji t menyatakan bahwa Thitung sebesar
16,444 Karena thitung > ttabel yaitu 16,444 > 2,179 maka H0 ditolak dan Ha diterima
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model
Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN
Kembanglangit Kabupaten Batang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya Pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model Problem Based
Learning dapat dijadikan salah satu alternatif guru untuk mengajar sehingga siswa
merasa nyaman dan diperhatikan saat belajar karena belajar sesuai dengan
kebutuhan mereka, serta menjalanan Kurikulum Merdeka dengan baik.
Kata kunci : Pembelajaran berdiferensiasi proses, model Problem Based
Learning, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4977 |