PENGEMBANGAN MEDIA MOONSTAR (MONOPOLI SUPER PINTAR) PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SUROKIDUL 01

TERONIKA, DHEA AFRA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MOONSTAR (MONOPOLI SUPER PINTAR) PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SUROKIDUL 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI DHEA AFRA TERONIKA 19120396.pdf] Text
SKRIPSI DHEA AFRA TERONIKA 19120396.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DHEA AFRA TERONIKA. NPM 19120396. “Pengembangan Media
MOONSTAR (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi
Mengubah Bentuk Energi Siswa Kelas IV SD Negeri Surokidul 01”. Skripsi.
Program Strudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ditemukan dari hasil
PTS siswa hanya 20% siswa mendapatkan nilai diatas KKM pada mata pelajaran
IPAS, terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru dalam
penggunaan media video yang kurang interaktif dengan penjelasan abstrak serta
proses evaluasi pembelajaran hanya dengan penyampaian pertanyaan singkat
selesai pembelajaran dan penugasan mengakibatkan siswa kurang aktif dan
motivasi belajar siswa kurang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini 1)
Mengetahui pengembangan media moonstar (monopoli super pintar) pada mata
pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi siswa kelas IV SD Negeri
Surokidul 01, 2) Mengetahui tingkat kevalidan media moonstar (monopoli super
pintar) pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi siswa kelas IV
SD Negeri Surokidul 01, 3) Mengetahui tingkat kepraktisan media moonstar
(monopoli super pintar) pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi
siswa kelas IV SD Negeri Surokidul 01.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ssurokidul 01 Kec. Pagerbarang Kab.
Tegal pada tanggal 11 dan 12 Desember 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh dari analisis kebutuhan,
wawancara, observasi, dan angket.
Hasil penilaian media moonstar (monopoli super pintar) diperoleh dari
angket validasi ahli media, ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket
tanggapan siswa terhadap media. Penilaian dari ahli media diperoleh persentase
sebesar 90% dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian ahli materi
diperoleh persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat layak digunakan. Angket
tanggapan guru terhadap media diperoleh persentase sebesar 98% dengan kriteria
sangat layak digunakan, dan Angket tanggapan siswa terhadap media diperoleh
persentase sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak digunakan. Berdasarkan data
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media moonstar (monopoli super pintar)
layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk
energi kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah supaya media
moonstar (monopoli super pintar) dapat dikembangkan dengan produk lebih dari
satu atau guru dapat membagi siswa dalam kelompok yang lebih banyak dengan
anggota 2 – 3 siswa agar penggunaan media moonstar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:36
Last Modified: 30 Sep 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item
View Item