PRIAMBODO, IHZA JUANG (2024) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH, KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SkKRIPSI_20220009_Ihza Juang Priambodo.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh lingkungan fisik
sekolah, kedisiplinan belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di
SMK Nusa Bhakti Semarang. Metode yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 115
siswa kelas XII jurusan Akuntansi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung,
studi dokumentasi, kuesioner, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data
mencakup analisis deskriptif, korelasi Pearson, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif
signifikan dari lingkungan fisik sekolah, kedisiplinan belajar, maupun minat
belajar terhadap hasil belajar siswa. Secara spesifik, lingkungan fisik sekolah tidak
memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Begitu juga dengan kedisiplinan belajar dan minat belajar, meskipun keduanya
memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah perlunya peningkatan dalam manajemen lingkungan fisik
sekolah, penguatan disiplin belajar, dan peningkatan minat belajar siswa untuk
memperbaiki hasil belajar mereka. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah
melakukan studi lebih mendalam untuk memahami faktor-faktor lain yang
mungkin mempengaruhi hasil belajar siswa secara lebih mendetail.
Kata Kunci: lingkungan fisik sekolah, kedisiplinan belajar, minat belajar,
hasil belajar,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:19 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4959 |