HAYATI, SRI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA FASE PONDASI MELALUI SRL (SELF-REGULATED LEARNING) DI TK ISLAM NURUL IMAN MENJANGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SRI HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sri Hayati. NPM 21156141. “Upaya Meningkatkan Kemandirian pada Fase
Pondasi Melalui SRL (Self-Regulated Learning)”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Psi.,
M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.,Januari
2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemandirian
peserta didik pada fase pondasi. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik
belum menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dan guru belum
menggunakan strategi pendekatan yang tepat dalam meningkatkan kemandirian
peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian peserta diidk
di TK Islam Nurul Iman Menjangan melalui SRL (self-regulated learning). Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam pengumpulan data berupa
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di
Semester I bulan Oktober 2023.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik di TK Islam Nurul Iman Menjangan
tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 17 peserta didik. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi,
(4)refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Dari hasil akhir dengan melalui SRL (Self-regulated learning) dengan dua siklus
diperoleh hasil meningkat karakter pada fase pondasi diantara peserta didik
mencapai 41% pada siklus pertama dan 82% pada siklus kedua dengan indikator
keberhasilan tercapai. Hasil hiposesis yang berbunyi kemandirian peserta didik
meningkat melalui SRL (Self-regulated learning) pada peserta didik di TK Islam
Nurul Iman Menjangan kelompok A tahun pelajaran 2022/2023 dan berdasarkan
hasil akhir tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Oleh
karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter pada fase pondasi di
TK Islam Nurul Iman Menjangan dapat ditingkatkan melalui SRL (self-regulated
learning). Maka dari itu sekolah dan guru perlu saling bersinergi meningkatkan
kemandirian pada fase pondasi, dalam hal ini sekolah sebagai fasilitator. Karena
kemandirian pada fase pondasi harus ditanamkan sejak diri, dan guru harus kreatif
dan inovatif sehingga dapat menarik dan mempengaruhi karakter pada peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4953 |