ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER II SD MONDIAL KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

WARSITO, LEONARDUS RONGGO (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER II SD MONDIAL KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRPSI Revisi RONGGO (1).pdf] Text
SKRPSI Revisi RONGGO (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LEONARDUS RONGGO WARSITO, NPM 18120168. “Analisis Kemampuan
Menulis Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester II SD
Mondial Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SD Mondial Kota Semarang dan untuk
mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kemampuan menulis
permulaan siswa kelas II SD Mondial Kota Semarang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran bahasa Indonesia
terdapat kendala yaitu beberapa siswa masih kesulitan untuk menulis, beberapa siswa
sudah mampu menulis namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan masih ada
beberapa huruf yang sering tertinggal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berfokus pada suatu fenomena
yang diamati sesuai dengan subjek yang diteliti. Pada penelitian ini peneliti akan
mendeskripsikan apa yang telah diteliti yaitu mengungkap kemampuan menulis
permulaan siswa kelas II dan faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis
siswa kelas II Sekolah Dasar Mondial Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II
SD Mondial Semarang pada materi menulis tegak bersambung dapat ditarik kesimpulan
bahwa siswa kelas II SD Mondial Semarang yang berjumlah 21 siswa, 3 diantaranya
belum mampu menulis dengan lancar dan 18 diantaranya sudah mampu menulis dengan
lancar. Siswa yang belum mampu menulis dengan lancar hanya mampu menulis beberapa
kata, belum mampu menggunakan huruf kapital dan tanda baca secara tepat serta belum
konsisten dalam menulis. Sedangkan untuk siswa yang sudah mampu menulis dengan
lancar dapat menuliskan suku kata, kata dan kalimat dengan benar terutama dalam materi
menulis tegak bersambung sudah konsisten sehingga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:13
Last Modified: 27 Sep 2024 08:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item
View Item