PROFESIONALIME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BOTOSENGON 1

RACHMAWATI, ERIE SHANIA UMU (2024) PROFESIONALIME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BOTOSENGON 1. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI-ERIE SHANIA UMU RACHMAWATI-17120254.pdf] Text
SKRIPSI-ERIE SHANIA UMU RACHMAWATI-17120254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Erie Shania Umu Rachmawati.NPM 17120254. “Profesionalisme Ditinjau dari
Tingkat Pendidikan dan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di SD Negeri
Botosengon 1”, Skripsi. ProgSram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang..2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perbedaan
tingkat pendiidkan dan kreativitas guru di SD N Botosengon 1. Hal ini
menyebabkan adanya perbedaan kualitas pembelajaran dan mempengaruhi
semangat belajar siswa dimasing-masing kelas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana profesionalisme guru
ditinjau dari tingkat pendidikan di SD Negeri Botosengon 01?,2) Bagaimana
profesionalisme guru ditinjau dari kreativitas guru dalam Pembelajaran di SD Negeri
Botosengon 01?.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
Mendeskripsikan profesionalisme guru ditinjau dari tingkat pendidikan dan
kreativitas di SD Negeri Botosengon 01.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas I s/d VI yang berjumlah 6 guru. Instrumen yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan conclusion drawing. Pengujian
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dapat
dijadikan patokan dalam keprofesionalan guru karena tingkat pendidikan
menunjang keprofesionalan seorang guru, akan tetapi tidak dominan. Sedangkan
untuk kreativitas guru dalam pembelajaran dapat dijadikan patokan yang dominan
terhadap profesionalisme guru. Artinya, bahwa tingkat pendidikan dan kreativitas
dalam mengajar memiliki keterkaitan dengan profesionalisme guru karena
keduanya menunjang dalam profesionalisme guru dengan perannya masing-
masing.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
kelas yang bersangkutan agar lebih berinovasi dan berkreasi lagi sehingga dapat
menjadikan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Guru hendaknya dapat
menyeimbangkan tercapainya tingkat pendidikan dengan kreativitas mengajar
dikelas. Guru dapat lebih banyak membaca tentang artikel pendidikan untuk memperya
wawasan tentang dunia pendiidkan. Guru juga dapat mengembangkan dirinya dengan terus
belajar IT dan memanfaatkan platfon online seperti canva,Quizz dan lainnya
Kata kunci : tingkat pendidikan, kreativitas mengajar, dan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:03
Last Modified: 27 Sep 2024 08:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item
View Item