PRAKUSYA, DEMAS AJI (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APPRECIATION CARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 4 KOTA TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi-Demas Aji P 21126001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Demas Aji Prakusya. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni
Rupa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Appreciation Card Pada Siswa
Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah
Dasar/RPL, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I:
Ibu Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Ibu Ikha Listyarini, S.Pd.,
M.Hum.
Perolehan nilai pada pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa pada siswa
Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2023/2024
menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas
IV serta performansi guru pada materi mengapresiasi karya seni rupa melalui
penggunaan media pembelajaran appreciation card di SD Negeri Kejambon 4 Kota
Tegal.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa Kelas IV SD
Negeri Kejambon 4 Kota Tegal tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 2 3 orang.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan
dokumentasi). Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu rata- rata
kelas minimal 75, persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, keberanian
siswa dalam mengajukan/menjawab pertanyaan guru >=50%, keterlibatan siswa
dalam kegiatan pembelajaran >=75% dan skor performansi guru minimal 70.
Hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
sebesar 75.70% dan meningkat menjadi 90.20% pada siklus II. Jadi persentase
aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 19.16%. Hasil belajar siswa pada
siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 59.58 dan meningkat menjadi 80.80 pada
siklus II. Jadi rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 35.62%. Sedangkan
persentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 56.52% dan meningkat
menjadi 86.96% pada siklus II. Jadi persentase tuntas belajar klasikal mengalami
peningkatan sebesar 53.86%. Performansi guru pada siklus I sebesar 83.85 dan
meningkat menjadi 97.35. Jadi performansi guru mengalami peningkatan sebesar
16.10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran appreciation card dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru pada materi mengapresiasi
karya seni rupa pada Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal. Oleh karena itu,
sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran appreciation card dalam
pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:00 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4948 |