KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTU MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOKARTO 01

PRATIWI, WIDIA SISKA (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTU MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOKARTO 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Widia Siska Pratiwi_20120383.pdf] Text
SKRIPSI_Widia Siska Pratiwi_20120383.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WIDIA SISKA PRATIWI. NPM 20120383. “Keefektifan Model Pembelajaran
NHT Berbantu Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS pada
Siswa Kelas V SD Negeri Selokarto 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri
Selokarto 01 didapatkan permasalahan yaitu belum menggunakan model
pembelajaran yang inovatif, seperti masih menggunakan model pembelajaran
konvensional dan juga pembelajaran belum terpusat pada siswa. Hal inilah yang
menyebabkan pembelajaran kurang aktif. Dalam proses pembelajaran guru hanya
menggunakan buku pegangan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain
sehingga kurang menarik dan siswa kurang termotivasi. Konsentrasi siswa pada
pembelajaran juga menjadi kurang. Akibatnya siswa sulit memahami materi yang
telah disampaikan oleh guru. Masalah tersebut yang menyebabkan hasil belajar
yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat diatasi
menggunakan model pembelajaran yang inovatif dengan media pembelajaran
yang menarik. Permasalahan dari penelitian ini adalah 1) Apakah model
pembelajaran NHT berbantu media interaktif efektif terhadap hasil belajar mata
pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran NHT berbantu media interaktif terhadap hasil belajar mata pelajaran
IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen.
Desain penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan menggunakan
one-group pretest-posttest design yang digunakan dalam satu kelompok subjek.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SD Negeri
Selokarto 01. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi,
tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa dilihat dari hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest
yaitu 42,7 dan posttest sebesar 77,9. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh thitung =
16.87 dan untuk mengetahui ttabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan nilai ttabel
sebesar 2.07. Jadi nilai thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media interaktif efektif
terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri
Selokarto 01.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model pembelajaran NHT berbantu media interaktif dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci : Keefektifan, Model NHT, Media Interaktif, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:42
Last Modified: 27 Sep 2024 07:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item
View Item