KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU KUIS INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS ⅠV SD NEGERI REJOSARI 03

SARLIA, WAHYU DWI (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU KUIS INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS ⅠV SD NEGERI REJOSARI 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Wahyu Dwi Sarlia_20120084_COMPRES - Wahyu Dwi Sarlia.pdf] Text
Skripsi_Wahyu Dwi Sarlia_20120084_COMPRES - Wahyu Dwi Sarlia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

WAHYU DWI SARLIA, NPM 20120084 "Keefektifan Model Project Based
Learning Berbantu Kuis Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPAS kelas IV SD
Negeri Rejosari 03", Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Arfilia
Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Il Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah atau kurang dari kriteria baik pada kelas IV SD Negeri Rejosari 03.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas penerapan
model PJBL (Project Based Learning) berbantuan kuis interaktif terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri Rejosari 03. Tujuan
penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui adanya keefektifan model
project based learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan sebelum
penggunaan kuis interaktif dan sesudah penggunaan model project based learning
berbantu kuis interaktif pada kelas IVA dan IVB SD Negeri Rejosari 03.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan bentuk
pretest-posttests cotrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik SD Negeri Rejosari 03. Sampel yang diambil adalah peserta didik dari kelas
IVA dan ⅣB yang berjumlah 32 orang, dengan menggunakan teknik Teknik
Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian
menunjukkan bahwa adanya keefektifan model project based learning berbantu
kuis interaktif terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan
dan menunjukkan adanya kenaikan sebesar 38,9% setelah dilakukannya tes berupa
pretest dan posttest kepada peserta didik
Hasil analisis data setelah dilakukan hipotesis dengan analisis hasil belajar
peserta didik diperoleh nilai rata-rata pretest 59,5 dan nilai rata-rata posttest 73,0.
Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji hipotesis rata-rata belajar siswa yaitu 80
hasil belajar siwa, dan taraf signifikan 433 dan lebih dari 0,1
Selain itu, terdapat hasil uji hipotesis 2 dengan menunjukan rata-rata belajar
siswa yaitu 80 hasil belajar siswa. Karena menunjukan nilai sig.243 dan lebih dari
0,1. Makan Ho ditolak dan Ha diterima.. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan
hasil 2 indikator tersebut maka terdapat keefektifan model project based learning
berbantu kuis interaktif terhdap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri
Rejosari 03.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model project based learning berbantu kuis interaktif dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar dan dapat dijadikan model variatif dan
inovatif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : model project based learning, kuis interaktif, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:39
Last Modified: 27 Sep 2024 07:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item
View Item