PUTRI, RAHMADANI KANEKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA MATERI IPAS BAGIAN TUMBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV DI SD NEGERI 1 TANJUNGSARI REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RAHMADANI KANEKA PUTRI_20120011_PGSD_ - Kaneka Putri.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Rahmadani Kaneka Putri. NPM 20120011. “Pengembangan Media Pembelajaran
Fun thinkers book pada Materi IPAS Bagian Tumbuh Tumbuhan Dan Fungsinya
Kelas IV Di Sd Negeri 1 Tanjungsari Rembang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu guru belum
menerapkan media pembelajaran interaktif saat pembelajaran IPAS materi bagian
tumbuh tumbuhan dan fungsinya, sehingga menyebabkan pada saat pembelajaran
IPAS materi bagian tumbuh tumbuhan dan fungsinya siswa bosan dan kesulitan
memahami materi yang disampaiakan ibu Murwati.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a) mengetahui karakteristik
pengembangan media pembelajaran fun thinkers book pada materi bagian tumbuh
tumbuhan dan fungsinya kelas IV di SD Negeri 1 Tanjungsari Rembang. b) menguji
kevalidan pengembangan media pembelajaran fun thinkers book pada materi bagian
tumbuh tumbuhan dan fungsinya kelas IV di SD Negeri 1 Tanjungsari Rembang.
c) menguji kepraktisan guru dari pengembangan media pembelajaran fun thinkers
book pada materi bagian tumbuh tumbuhan dan fungsinya kelas IV di SD Negeri 1
Tanjungsari Rembang. d) menguji keberterimaan siswa dari pengembangan media
pembelajaran fun thinkers book pada materi bagian tumbuh tumbuhan dan
fungsinya kelas IV di SD Negeri 1 Tanjungsari Rembang.
Metode penelitian ini menggunakan yaitu research & development
dengan menggunakan model ADDIE. Hasil perhitungan dari validasi terhadap ahli
media dan materi yaitu rata-rata ahli media diperoleh kevalidan media sebesar 89%
dan rata-rata validasi ahli materi diperoleh kevalidan materi sebesar 89% termasuk
dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil ratarata Persentase dari angket respon guru
memperoleh sebesar 95% dalam kategori “Sangat Layak” dan rata-rata Persentase
angket respon peserta didik memperoleh sebesar 97,5% dalam kategori “Sangat
Layak”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran fun thinkers
book ini dinyatakan dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Hasil penelitian ini yaitu Media Fun thinkers book diharapkan dapat
menjadi salah satu referensi bagi guru dalam pengembangan media pembelajaran
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4934 |