Nofia, Chotimatul (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Chotimatul Nofia 19210050.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Chotimatul Nofia (19210050), “Penerapan Metode Pembelajaran
Cooperative Script Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendal”,
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah kerja sama siswa dalam kerja
kelompok dan keaktifan siswa masih belum maksimal dan Sebagian guru masih
belum menggunakan metode pembelajaran variatif dan inovatif. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran
cooperative script dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila kurikulum
merdeka di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran
cooperative script dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila kurikulum
merdeka di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek pada
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Pancasila, dan siswa kelas X
Pemasaran. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran
cooperative script dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila kurikulum
merdeka di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendal. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data
penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perencanaan, guru membuat dan
menyiapkan modul ajar mengacu kepada kurikulum merdeka dan alur tujuan
pembelajaran. 2) Pelaksanaan, guru membagi siswa dengan teman sebangku, guru
membagi materi perumusan Pancasila sebagai dasar negara kepada siswa serta
meminta siswa membuat ringkasan materi perumusan Pancasila sebagai dasar
negara, guru mengintruksikan kepada siswa untuk menetapkan pembicara dan
pendengar, guru mengintruksikan siswa pembicara membacakan ringkasan
perumusan Pancasila sebagai dasar negara selengkap mungkin dengan
memasukan ide pokok dalam ringkasan perumusan Pancasila sebagai dasar
negara, Guru mengintruksikan siswa sebagai pendengar menyimak/mengoreksi
menunjukan ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat/menghafal
ide pokok kepada pembicara, Guru mengintruksikan siswa bertukar peran, semula
pembicara ditukar pendengar dan sebaliknya, Guru memberikan kesimpulan
materi perumusan Pancasila sebagai dasar negara yang sudah dipelajari bersama
siswa. 3) Asesmen, Guru melakukan asesmen tertulis melalui hasil ringkasan serta
soal essay dan asesmen lisan penyampaian materi ketika siswa berbicara.
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan metode pembelajaran
cooperative script sudah terlaksana dengan baik mulai dari perencanaan,
pelaksanaan dan asesmen., tapi masih perlu ditingkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran. Saran untuk siswa, sebaiknya siswa lebih aktif bertanya kepada
guru. Saran untuk guru melakukan manajemen waktu dengan baik.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran,Cooperative Script, Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:27 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/492 |