SEPTIANI, IRHAMAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 SDN 02 REJOSARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_IRHAMAH SEPTIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
IRHAMAH SEPTIANI . NPM 19120250 “ Analisis Kemampuan
Membaca Cepat Dengan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 4 SDN 02 Rejosari
Menggunakan Model Pembelajaran PBL”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I: Mudzanatun, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II:
Qoriati Mushafanah S.Pd., M.Pd Januari 2024.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana
kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman dengan menggunakan
metode PBL pada siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari kota Semarang?. (2)
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi kemampuan membaca cepat disertai
membaca pemahaman yang dimiliki oleh siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Menganalisis kemampuan membaca cepat
dan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari dengan
menggunakan metode PBL dan untuk Mengetahui faktor- faktor yang
memengaruhi kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman di kelas 4
SD Negeri 02 Rejosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting
penelitian dilaksanakan di SDN 02 Rejosari kecamatan Semarang Timur Kota
Semarang dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi menggunakan tiga
metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas 4 SDN 02
Rejosari kota Semarang kemampuan membaca cepat dan membaca
pemahamannya masih dikategorikan dalam kategori rendah, dari 23 siswa di
dalam kelas kurang terfokuskan dikarenakan kurangnya pemahaman kata perkata,
suasana kelas yang ramai dan sulit kondusif menjadikan siswa kurang konsentrasi
di dalam kelas, ada 15 siswa yang kemampuan membaca cepat dan
pemahamannya masih dibawah rata-rata selebihnya ada 8siswa yang dapat
dikategorikan kemampuan membaca cepat dan membaca pemahamannya dalam
kategori cukup. Kurangnya dukungan dari orang-orang terdekat yang merupakan
faktor kurangnya konsentrasi atau fokus dalam kegiatan membaca. Adapun
hambatan individual siswa yang memengaruhi kemampuan membaca cepat dan
membaca pemahaman siswa yaitu kebiasan belajar di lingkungan tempat tinggal
siswa, kondisi fisik mental yang kurang mendukung dan kurangnya latar belakang
pengetahuan siswa .
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan yaitu hendaknya
guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan melalui
model atau metode pembelajaran yang variatif. Dan perlunya peran orang-orang
terdekat guna menunjang motivasi belajar siswa dan meningkatkan luasnya
pemahaman latar belakang pengetahuan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4910 |