Khiftiyah, Latifatul (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERPIHAK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH PENGGERAK TK JANNETA GEBANGANOM KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
zgmxv68324Latifatul Khiftiyah _NPM 20510252.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latifatul Khiftiyah. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Menciptakan
Pembelajaran Yang Berpihak Pada Peserta Didik di Sekolah Penggerak TK
Janneta Gebanganom Kabupaten Kendal. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Endang Wuryandini, M.Pd dan Pembimbing II Dr. .
Widya Kusumaningsih, M.Pd
Implementasi kurikulum merdeka adalah sebuah kebijakan yang mengarah
kepada pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas peserta didik. Tujuan
dari penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum
merdeka dalam menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui kondensasi data (data
condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau
verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan
data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan implementasi
kurikulum merdeka dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi penyusunan
administrasi sekolah, program supervisi, perumusan penganggaran, perencanaan
sarana prasarana, ketatausahaan dan evaluasi rencana. 2) Pengorganisasian
implementasi kurikulum merdeka dilakukan dengan prosedur pengorganisasian
meliputi penempatan sumber daya sekolah, pengembangan organisasi, penugasan
dan pendelegasian wewenang. 3) Penggerakan implementasi kurikulum merdeka
dilakukan oleh kepala sekolah meliputi pengarahan kepala sekolah dan motivasi
kepala sekolah. 4) Pengawasan implementasi kurikulum merdeka dilakukan oleh
kepala sekolah meliputi membuat penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan
tindak lanjut. Penulis menyarankan agar kepala sekolah lebih memperhatikan
dalam hal perencanaan, pengorganisasian. penggerkan dan pengawasan. Guru
diharuskan untuk selalu siap dalam pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci: Implementasi, Merdeka Belajar, Pembelajaran Berpihak Pada
Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:23 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4904 |