PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “GAYA DI SEKITAR KITA” DI SDN 3 SUROKONTO KULON

ASTUTI, DIAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “GAYA DI SEKITAR KITA” DI SDN 3 SUROKONTO KULON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi_dian astuti_20120097_compressed - Dian Astuti.pdf] Text
skripsi_dian astuti_20120097_compressed - Dian Astuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DIAN ASTUTI. NPM 20120097.“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis STEAM Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV “Gaya Di Sekitar Kita” Di
SDN 3 Surokonto Kulon.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI
Semarang.2020.¹Arfilia Wijayanti S.Pd., M.Pd., ²Veryliana Purnamasari,
S.Pd.,M.Pd.
Hasil analisis 8 media pembelajaran dari platform video TouTube
menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis STEAM belum sepenuhnya
diterapkan. Dari ke-8 media pembelajaran yang dianalisis semua media
pembelajaran baru mengandung unsur science dan teknologi saja belum
mengandung unsur engineering, art atau pun mathematics. Berdasarkan
hasil
wawancara yang dilakukan peneliti di SDN 3 Surokonto Kulon bersama bapak
Gatra Pamungkas, S.Pd. selaku guru kelas IV dipeloreh iformasi bahwa kurangnya
media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dalam menyampaikan
pembelajaran dan guru juga menggunkan metode pendekatan ceramah yang
menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Maka dari itu sekolah memerlukan media pembelajaran interaktif
berbasis pendekatan STEAM yang praktis digunakan untuk membantu proses
pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas dilakukan pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis STEAM dalam pembelajaran IPAS untuk kelas IV
materi gaya di sekitar kita.
Sesuai dengan masalah yang telah diuraikan, maka rumusan masalah pada
penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis STEAM dalam pembelajaran IPAS kelas IV “Gaya
Di Sekitar Kita” di SDN 3 Surokonto Kulon? 2) Bagaimana kevalidan dan
kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis STEAM dalam
pembelajaran IPAS kelas IV “Gaya Di Sekitar Kita” di SDN 3 Surokonto Kulon?
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kevalidan dan
kepraktisan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis
STEAM dalam pembelajaran IPAS kelas IV “Gaya Di Sekitar Kita” di SDN 3
Surokonto Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(research and development). Produk media pembelajaran interaktif berbasis
STEAM ini telah diimplementasikan dan diujikan di SDN 3 Surokonto Kulon.
Media pembelajaran interaktif berbasis STEAM memperoleh hasil validasi
materi sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil validasi media
pembelajaran sebesar 92,29% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon
guru memperoleh persentase nilai 89,09% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil
angket respon siswa memperoleh persentase nilai 91,2% dengan kriteria “sangat
praktis”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Interaktif berbasis
STEAM pada materi gaya di sekitar kita valid dan layak digunakan dikelas IV SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:52
Last Modified: 27 Sep 2024 03:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

View Item
View Item