UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN PLAYDOUH UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

LIANA, SINTA (2024) UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN PLAYDOUH UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SINTA LIANA_21156137.pdf] Text
SINTA LIANA_21156137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sinta Liana Npm 21156237 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus
Anak melalui bermain Playdough Di TKIT Harapan Bunda Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai
kemampuan motorik halus yaitu terdapat permasalahan dari aspek perkembangan
motorik pada anak, yaitu anak belum mampu mengoptimalkan motoric halusnya.
Hal tersebut disebabkan kurangnya stimulus dalam diri anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain
playdough dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia 5-6 Tahun ?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan motorik anak usia 5-6 Tahun melalui metode bermain playdouhg di
TKIT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2023/2024
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian adalah Kelas B.Sulaiman di TKIT
Harapan Bunda. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil selama 3 kali
pertemuan, minggu pertama yang dimulai dari tanggal 22 April 2024 sampai 24
April 2024. Subyek penelitian adalah anak TK B yang berjumlah 22 anak yang
terdiri dari 12 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu 1) membuatperencanaan, 2) melakukantindakan, 3)
mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motoric halus anak
dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain playdough. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan motoric halus
dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal
tindakan terdapat 4 anak atau 17,5% yang mempunyai penilaian BSB dan 4 atau
17,5% anak yang mempunyai penilaian BSH pada kemampuan motoric halus.
Sedangkan akhir tindakan 12 anak atau 55% yang mempunyai penilaian BSB dan
8 anak atau 36% yang mempunyai penilaian BSH dan dapat mengikuti bermain
playdough dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik TK B sulaiman di TKIT Harapan
Bunda Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat ditingkatkan melalui metode bermain
playdough.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:41
Last Modified: 27 Sep 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item
View Item