Choiruzaed, Choiruzaed (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN SEKOLAH, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMKS MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
CHOIRUZAED 20510208.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Choiruzaed. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan Sekolah, Kepemimpinan Kepala
Sekolah, Dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Peserta Didik di
SMKS Muhammadiyah Se-Kabupaten Jepara. Tesis. Pembimbing I Dr. Yovitha
Yuliejantiningsih, M.Pd. dan Pembimbing II, Dr. Ir. I. Made Sudana, M.Pd.,
IPM.
Kepuasan peserta didik sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan.
Namun kepuasan peserta didik belum maksimal. Hal ini dipengaruhi beberapa
faktor kualitas layanan sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas
pembelajaran merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan
peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui besarnya
pengaruh kualitas layanan sekolah terhadap kepuasan peserta didik SMKS
Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara; (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan peserta didik SMKS
Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara;(3) untuk mengetahui besarnya pengaruh
fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta didik SMKS Muhammadiyah
se-Kabupaten Jepara; (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas layanan
sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan
peserta didik SMKS Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
non eksperimen ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKS
Muhammadiyah di Kabupaten Jepara sejumlah 301 dengan sampel 151 orang
dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Analisis data
yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan serta uji
hipotesis yang menggunakan analisis regresi linier dan regresi linier berganda
dengan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) ada pengaruh signifikan
Kualitas layanan sekolah terhadap kepuasan peserta didik dengan besar pengaruh
12% dengan kategori kualitas layanan sekolah cukup baik; (2) ada pengaruh
signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan peserta didik dengan
pengaruh sebesar 6,4 % dan kategori kepemimpinan kepala sekolah cukup baik ;
(3) ada pengaruh signifikan fasiltas pembelajaran terhadap kepuasan peserta didik
sebesar 10,5% dengan kategori fasillitas pembelajaran ;(4) ada pengaruh simultan
kualitas layanan, kepemimpinan kepala sekolah, fasilitas pembelajaran terhadap
terhadap kepuasan peserta didik dengan pengaruh sebesar 17,8% dengan tingkat
kepuasan cukup baik;(5) sumbangan efektif total sebesar 17,73% dengan
sumbangan relatif (SR), SR X1 sebesar 54%, SR X2 sebesar 12% dan SR X3
sebesar 34%.
Kata kunci: Kepuasan peserta didik, kualitas layanan sekolah, kepemimpinan
kepala sekolah, fasilitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/489 |