PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS 4 SISWA SEKOLAH DASAR

Permana, Shindika Bachtiar Tri (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS 4 SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SHINDIKA BACHTIAR TRI PERMANA.pdf] Text
SHINDIKA BACHTIAR TRI PERMANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui
pengaruh
model
pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Google Classroom terhadap
pemahaman konsep matematika materi segiempat. Jenis penelitian yang
digunakan adalah true eksperimental dengan desain penelitian posttest only
control group. Populasi penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas IV SD
N 3 Ngraji semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik probability sampling dengan jenis teknik sampel jenuh
untuk menentukan dua kelas sebagai sampel penelitian dengan kelas yang terpilih
kelas IV B (kelas eksperimen) dengan pembelajaran Flipped Classrrom dan kelas
IV A (kelas kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui
tes pemahaman konsep matematika berbentuk tes uraian yang dilakukan diakhir
penelitian.
Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t untuk melihat pengaruh model
pembelajaran yang diterapkan di kelas dilanjutkan uji effect size untuk
mengetahui besar pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada
kelas kontrol. Dibuktikan nilai rata–rata kelas eksperimen diperoleh sebesar
72,108 sedangkan nilai rata–rata dari kelas kontrol diperoleh sebesar 60,031.
Selanjutnya diperoleh uji effect size sebesar 0,739. Hal itu membuktikan bahwa
pembelajaran Flipped
Classroom berbantuan
aplikasi Google
Classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep
siswa SD sebesar 76%
Kata kunci: flipped classroom, google classroom, pemahaman konsep,
segiempat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:31
Last Modified: 27 Sep 2024 03:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4888

Actions (login required)

View Item
View Item