PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “JAPRIAN” JARI PINTAR PERKALIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG

APRILIANI, AMALIA OLVY (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “JAPRIAN” JARI PINTAR PERKALIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Amalia Olvy Apriliani - Amalia Olvy Apriliani.pdf] Text
SKRIPSI_Amalia Olvy Apriliani - Amalia Olvy Apriliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

AMALIA OLVY APRILIANI. NPM 20120256. “Pengembangan Media
Pembelajaran “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas 3
SD Muhammadiyah 17 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pemanfaatan media pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran di Sekolah
Dasar menjadi kurang menarik dan monoton. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana kevalidan media “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian Bilangan
Asli Pada Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 17 Semarang? 2) Bagaimana
keberterimaan media “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian Bilangan Asli untuk Siswa
Kelas 3 SD Muhammadiyah 17 Semarang? 3) Bagaimana Implementasi media
“JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian Bilangan Asli untuk Siswa Kelas 3 SD
Muhammadiyah 17 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE, yaitu analisis
(analysis),
desain
(design),
pengembangan
(development),
implementasi
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi media dilakukan oleh ahli
media dan ahli materi. Media yang dikembangakan diujicobakan pada 23 peserta
didik SD Muhammadiyah 17 Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi dan angket.
Hasil kelayakan dan kevalidan media dapat dilihat dari angket validasi ahli
media yang menunjukkan persentase sebesar 96,4 % dan penilaian validasi ahli
materi menunjukkan persentase sebesar 100%. Hasil keberterimaan media dapat
dilihat dari angket tanggapan pendidik dan angket tanggapan peserta didik. Angket
tanggapan pendidik menunjukkan persentase sebesar 100% dan hasil angket
tanggapan peserta didik menunjukkan persentase sebanyak 85,7%. Sedangkan hasil
implementasi media pembelajaran “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian dapat dilihat
dari latihan soal yang sudah siswa kerjakan dengan menunjukan hasil presentase
sebesar 78,2% siswa dengan nilai 100 dan 34,2% siswa dengan nilai 80. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa media “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian layak, valid, dan
dapat diterima baik untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas 3 Sekolah Dasar.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif
guru dalam mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:29
Last Modified: 27 Sep 2024 03:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item
View Item