ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI JEPARA KULON 04

Saputra, Arya (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI JEPARA KULON 04. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi_ACC_AAARYA_(1)[1].pdf] Text
Skripsi_ACC_AAARYA_(1)[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ARYA SAPUTRA. NPM 20120133. “ Analisis Kemampuan Menulis Pada
Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV di SD Negeri Jepara Kulon 04”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang Tahun 2024. Dosen Pembimbing I Bapak M. Arief
Budiman, M.Hum. Dosen Pembimbing II Bapak Drs. Suyitno, M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan menulis pada
pembelajaran Bahasa Inggris . Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik pada
tingkat SD masih mengalami kesulitan dalam menulis menggunakan Bahasa
Inggris. Ini disebabkan oleh kurangnya kosakata mereka dalam Bahasa Inggris.
Tujuan daripenelitiaan ini adalah 1) untuk menganalisis kemampuan
menulis anak pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 ( What are you doing? )
Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. 2) Untuk Menganalisis faktor pendukung dan
penghambat kemampuan menulis anak pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 (
What are you doing? ) Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini bahwa proses kemampuan siswa dalam menulis
Bahasa Inggris berjalan dengan baik dimana siswa menunjukan antusias mereka
dalam mengikuti pembelajaran. Hasil menulis dengan pada pembelajaran Bahasa
Inggris sangat baik karena memiliki rata-rata 84 yang termasuk dalam kriteria baik.
Faktor pendukung dalam metode ini adalah kemauan dan motivasi siswa karena
siswa cenderung lebih aktif terlibat dalam proses menulis. Sedangkan faktor
penghambat dalam metode ini adalah pemilihan kosakata yang tepat.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
untuk melakukan kebiasaan menulis dalam Bahasa Inggris ketika pada kegiatan
belajar mengajar Bahasa Inggris.
Kata Kunci :Analisis, Kemampuan Menulis, Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:23
Last Modified: 27 Sep 2024 03:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item
View Item