PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

LUTFIYAH, ZULFATUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Zulfatul Lutfiyah 19120421.pdf] Text
Skripsi Zulfatul Lutfiyah 19120421.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ZULFATUL LUTFIYAH. NPM 19120421. “Pengembangan Media Travel
Game
Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024. Prof. Dr. A. Y. Soegeng. Ysh., M.
Pd. NPP 094301244. Qoriati Mushafanah, S. Pd., M. Pd. NPP 128501378.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini masih terbatasnya
penggunaan media pembelajaran, peserta didik berasumsi bahwa matematika
yaitu mata pelajaran yang membosankan, sulit dan rendahnya minat peserta didik
pada pembelajaran matematika. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah (1) Mengembangkan media travel game untuk pembelajaran matematika di
sekolah dasar, (2)Mengetahui tingkat kevalidan media travel game untuk
pembelajaran matematika di sekolah dasar, (3) Mengetahui tingkat kepraktisan
media travel game untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejosari 03 Kec. Semarang Timur
Kota Semarang pada tanggal 17 Januari 2024 dan 18 Januari 2024. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebanyak 20 peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (Research and Development)
yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Data dalam penelitian ini
diperoleh dari wawancara, observasi dan angket.
Hasil penilaian media travel game diperoleh dari angket validasi ahli
materi, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap
media. Penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria
sangat layak digunakan. Penilaian ahli media diperoleh persentase sebesar 98,6%
dengan kriteria sangat layak digunakan. Angket respon guru terhadap media
diperoleh persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat praktis. Angket respon
peserta didik terhadap media diperoleh persentase sebesar 95,6% dengan kriteria
sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media travel
game layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran matematika di sekolah
dasar. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah media travel game
dapat digunakan oleh guru untuk membantu menyampaikan materi perkalian
desimal dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:11
Last Modified: 27 Sep 2024 03:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item
View Item