YULIANTO, RUDI (2024) PEMANFAATAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KARTIYOSO SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI RUDI YULIANTO 20210024 (JILID).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Rudi Yulianto “Pemanfaatan Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar
Siswa pada Pendidikan Pancasila Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama
Kartiyoso Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Kreativitas belajar siswa yang
rendah karena dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila masih menggunakan
pembelajaran konvensional, dan belum menggunakan media pembelajaran yang
beragam. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu diyakini bahwa pemanfaatan
canva dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan efektif serta
canva juga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya peningkatan kreativitas belajar
siswa melalui pemanfaatan canva dalam Pendidikan Pancasila kelas VIII SMP
Kartiyoso Semarang.
Jenis
penelitian ini
adalah penelitian eksperimen semu
(quasi
eksperimental), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Kartiyoso Semarang dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen
berjumlah 30 siswa, dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kreativitas belajar
siswa dengan teknik analisis data (Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji
Hipotesis) dan pemanfaatan canva dengan lembar observasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kreativitas belajar siswa sebelum menggunakan Canva masih
rendah dengan nilai rata-rata 62,34. Setelah penggunaan Canva kreativitas belajar
siswa meningkat dengan nilai rata-rata 90,16. pemanfaatan Canva dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila berjalan dengan baik. Kendala dari penggunaan
canva ialah tidak semua smartphone siswa perangkatnya mendukung sehingga ada
beberapa siswa yang tidak dapat mengakses fitur pada canva. Pada kreativitas
belajar siswa dimensi 1 dan 2 kurang mampu dalam mencari informasi dan belum
mampu mengeksporasi diri sedangkan pada kreativitas belajar siswa dimensi 3
siswa masih belum mampu menerima umpan balik. Simpulan penelitian: ada
peningkatan kreativitas belajar siswa melalui pemanfaatan canva dalam Pendidikan
Pancasila kelas VIII SMP Kartiyoso Semarang. Siklus I mengalami peningkatan
sebesar 1,72% sedangkan siklus II dan III mengalami peningkatan sebesar 27,10%
yang artinya ada peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III yang signifikan.
Kata Kunci: Canva, Kreativitas Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4868 |