Staningtyas, Rosinta Devi (2024) PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
rosinta.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa
yang ditinjauu dari gaya belajar visual, auditorial maupun kinestetik. Jenis penenlitian
ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data pada siswa kelas X8 MIPA di
SMA Negeri 1 Randublatung tahun pelajaran 2024/2025 dengan cara tes angket gaya
belajar, tes tertulis kemampuan pemahaman konsep dan tes wawancara dengan
menggunakan triangulasi sumber dan metode. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini
adalah 6 siswa, siswa dengan gaya belajar visual 2 orang, siswa dengan gaya belajar
auditorial 2 orang dan siswa dengan gaya beajar kinestetik 2 orang. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
keputusan. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan QSR Nfifo 11 fitur Coding
Comparation Query untuk membantu mengolah dan menganalisis hasil data yang
diperoleh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) siswa dengan
gaya belajar visual belum mampu menguasai keempat indikator pemahaman konsep.
(2) siswa dengan gaya belajar auditorial sudah mampu menguasai dua indikator dari
keempat indikator pemahaman konsep. (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik sudah
mampu menguasai dua indikator dari keempat indikator pemahaman konsep. Kata
Kunci: pemahaman konsep; gaya belajar; indikator pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4841 |