PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TK USIA 4-5 TAHUN

ASTURIYAH, ASTURIYAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TK USIA 4-5 TAHUN. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ASTURIYAH  21560039.pdf] Text
ASTURIYAH 21560039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Asturiyah, 2023. “Pengembangan Media Activity Book Berbasis Project untuk
Meningkatkan Kemandirian Anak TK Usia 4-5 Tahun”.
Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Joko Siswanto, M.Pd.; (2) Dr. Ida Dwijayanti,M.Pd
Dalam keseharian kita sering menjumpai anak-anak TK usia 4-5 tahun
belum mampu mengurus diirnya sendiri, contoh aktivitas mengancingkan baju,
memakai sepatu, memakai celana, menyisir rambut, dan menggosok gigi. Oleh
karena itu diperlukan stimulus (rangsangan) dari lingkungan terdekat untuk
mengoptimalkan kemandirian anak. Salah satunya dengan media peraga yang di
dalamnya berisi aktivitas-aktivitas mengurus diri sendiri. Di dalam menerapkan
pembiasaan mengurus diri sendiri, produk peraga yang dapat digunakan oleh
pendidik sebagai media adalah activity book dikarenakan media ini banyak
disukai oleh anak-anak TK.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media activity book
berbasis project untuk meningkatkan kemandirian anak TK usia 4-5 tahun.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Resecarch and Development (R&D)
dengan 4D Models. 4D Models meliputi empat tahapan yaitu define
(pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate
(penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A1-
dan A-2 TKIT Raudhatul Muhsinin Semarang. Data penelitian diperoleh
menggunakan angket validasi, respon peserta didik dan guru, dan soal posttest.
Analisis data menggunakan analisis skala likert untuk mengetahui kevalidan dan
kepraktisan media, analisis validitas butir observasi menggunakan indeks aikens v,
dan analisis implementasi media menggunakan uji t (uji beda) dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan (1) produk activity book berbasis project
dinyatakan valid dengan skor rata-rata validasi ahli sebesar 7,2 dengan kriteria
sangat baik; (2) produk media activity book berbasis project dinyatakan praktis
berdasarkan hasil respon peserta didik dengan rata-rata sebesar 4,8 “sangat baik”
dan hasil skor respon guru sebesar 36 “sangat baik”; (3) produk media activity
book berbasis project dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemandirian anak
TK usia 4-5 tahun berdasarkan hasil uji t dengan t hitung sebesar 2,79 dan t tabel
(0,95;23) = 1,71. Diketahui t hitung > t tabel, artinya terdapat perbedaan hasil
kemandirian antara kelas A-1 dan kelasA-2. (4) Dari hasil uji N-Gain score di
kelas A-1 diperoleh nilai 64% “cukup efektif”, dan di kelas A-2 diperoleh nilai 74%
“cukup efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media activity book
berbasis project valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemandirian anak
TK usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: anak TK, kemandirian, media activity book, mengurus diri sendiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:20
Last Modified: 08 Jan 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item
View Item