PRATAMA, FEBYANA PUTRI (2024) KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS IIB DI SD NEGERI GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FEBYANA PUTRI PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Febyana Putri Pratama. NPM 20120013. “Keefektifan Program Literasi Dalam
Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik kelas IIB SD Negeri Gayamsari 02
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya program
literasi untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penerapannya di SD Negeri
Gayamsari 02 Semarang. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya minat
membaca para peserta didik dan siswa yang belum terbiasa dengan program literasi
ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan program literasi
dalam meningkatkan minat baca peserta didik kelas IIB di SD Negeri Gayamsari
02 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ini
termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIB tahun
ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel berjumlah 26 peserta didik dengan
menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh melalui
skor pada hasil kueisoner (angket) sebelum dan setelah adanya program literasi.
Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu program literasi sebagai variabel bebas dan
minat baca sebagai variabel terikat. Uji validitas yang di dapat dari pengisian
angket. Dari perhitungan yang di dapat dari semua point instrumen dinyatakan
valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,573. Teknik analisa data yang digunakan yaitu
analisa data akhir dengan uji Paired Samples t-test.
Hasil penelitian analisis angket minat baca siswa menunjukkan bahwa
program literasi ini dengan minat baca masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil
perhitungan uji Paired Samples t-test diperoleh berdasarkan pada tabel diketahui
dengan nilai signifikansi p= 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa ada perbedaan yang signifikan antara program literasi terhadap
meningkatnya minat baca pada peserta didik kelas IIB SD Negeri Gayamsari 02
Semarang. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti program literasi efektif
dalam meningkatkan minat baca siswa termasuk siswa kelas IIB di SD Negeri
Gayamsari 02 Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:56 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4835 |