PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SD

RAHMAN, RIZQI FATHUR (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZQI FATHUR RAHMAN.pdf] Text
RIZQI FATHUR RAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIZQI FATHUR RAHMAN, NPM 19120290. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Pendekatan Open Ended Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Pada Kemampuan
Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Sukamto, S.Pd.
dan Meifita Asri Untari, S.Pd., 2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan penggunaan media
pembelajaran yang sesuai kharakteristik siswa dalam proses belajar mengajar.
Keterbatasan guru dalam mengembangkan bahan ajar menjadi kendala bagi guru untuk
dapat mengimplementasikan bahan ajar dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
karakteristik bahan ajar berbasis pendekaatan open ended terhadap meningkatnya
kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Purwosari 02? (2) Apakah
pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung
bilangan cacah dapat kriteria valid? (3) Apakah bahan ajar berbasis pendekatan open
ended materi operasi hitung bilangan cacah dapat memenuhi kriteria praktis? (4)
Apakah bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan
cacah dapat memenuhi kriteria efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran
matematis?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development). Prosedur yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini
menerapkan prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Bahan ajar pada
penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media
dan ahli materi angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat
validasi media. Hasil pengembangan berupa bahan ajar berbasis pendekatan open ended
pop up book.
Bahan ajar berbasis pendekatan open ended materi operasi hitung bilangan
cacah dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media
pembelajaran sebesar 98%, validasi ahli materi sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:52
Last Modified: 25 Sep 2024 07:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4834

Actions (login required)

View Item
View Item