Amrullah, M. Faiz Arsyadani (2024) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER DEMOKRATIS SISWA DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA NURUL HUDA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI M. FAIZ ARSYADANI AMRULLAH 20210025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
M. Faiz Arsyadani Amrullah. “Implementasi Nilai Karakter Demokratis Siswa
dalam Kegiatan Pramuka di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Nurul Huda
Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Demokratis adalah sebuah cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai sama hak dan kewajiban dirinya dengan orang lain. Sikap demokratis juga
dapat dikatakan sebagai pandangan hidup seseorang untuk mengutamakan
persamaan hak dan kewajiban yang sama bagi semua warga negara.
Perwujudukan karakter demokratis dalam diri siswa dapat diwujudkan melalui
berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, salah satunya adalah kegiatan
pramuka. Karena di dalam kegiatan pramuka terdapat banyak sekali nilai-nilai
luhur seperti keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan
pada alam dan sesama manusia, serta pembentukan nilai karakter demokratis bagi
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai karakter
demokratis siswa dalam kegiatan pramuka di MA NU Nurul Huda Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Fokus penelitian adalah implementasi nilai karakter demokratis siswa dalam
kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Nurul Huda Semarang.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA NU Nurul Huda Semarang telah
mengimplentasikan nilai karakter demokratis siswa dalam kegiatan pramuka yang
dilakukan menggunakan strategi dengan metode yang bervariatif, diantaranya
melalui kegiatan pemilihan pradana baru, pembentukan panitia kegiatan, dan
kegiatan diskusi bersama. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi nilai karakter demokratis siswa dalam kegiatan pramuka terdapat
beberapa faktor yang mempengaruhi, baik itu faktor pendukung maupun faktor
penghambat. Faktor pendukung tersebut diantaranya melalui dukungan penuh dari
pihak dewan pramuka, guru, dan sekolah dalam mengimplementasikan nilai
karakter demokratis siswa dalam kegiatan pramuka, serta pelibatan anggota
pramuka dalam proses pengambilan keputusan. Sementara itu, faktor
penghambatnya terletak pada tingkat pemahaman sebagian anggota pramuka
dalam memahami materi yang masih tergolong rendah, serta tingkat partisipasi
sebagian siswa dalam melaksanakan kegiatan pramuka yang masih tergolong
rendah pula. Hal tersebut tentu saja menjadi evaluasi bagi objek penelitian yang
harus dibenahi demi mencapai hasil yang maksimal.
Kata kunci: Implementasi, Nilai Karakter Demokratis, Pramuka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4824 |