HUSNA, LINDA AMALIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI TIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPLUSIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LINDA AMALIA HUSNA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh siswa. Namun, kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa belum menjadi perhatian secara maksimal.
Cara yang dilakukan adalah dengan menganalisis kemampuan pemahaman konsep
siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan pemahaman
konsep siswa SMA kelas X pada materi trigonometri bergaya kognitif reflektif
dan implusif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian terdiri dari 2 siswa dari 32 siswa kelas X 1 SMA Negeri 3 Demak, yang
terdiri dari siswa dengan gaya kognitif reflektif dan siswa dengan gaya kognitif
impulsif. Gaya kognitif subjek ditentukan berdasarkan dari nilai Matching
Familiar Figure Test (MFFT) dan kemampuan pemahaman konsep siswa
diperoleh dari Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan
wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek reflektif mampu
mencapai pemahaman konsep. Sedangkan subjek impulsif belum mampu
mencapai pemahaman konsep.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Gaya Kognitif Reflektif-Implusif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4815 |