PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SENAM SI BUYUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA FASE A DI SDN LANGGENHARJO 01

JUMILIA, RINDA (2024) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SENAM SI BUYUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA FASE A DI SDN LANGGENHARJO 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RINDA JUMILIA ((20120004).pdf] Text
RINDA JUMILIA ((20120004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RINDA JUMILIA. NPM 20120004. “Penggunaan Media Audio Visual Senam Si
Buyung Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Fase A Di SDN
Langgenharjo 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar
belakang
yang
mendorong
penelitian
ini
adalah
sulitnya
mengkoordinasikan siswa fase A agar dapat melakukan dan menirukan gerakan
senam Si Buyung dengan benar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya
penggunaan media audio visual senam Si Buyung di SDN Langgenharjo 01. Fokus
dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media audio visual senam Si
Buyung efektif dalam peningkatan motorik kasar siswa fase A di SDN
Langgenharjo 01? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penggunaan media audio visual senam Si Buyung dapat meningkatkan motorik
kasar siswa fase A di SDN Langgenharjo 01.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah
siswa fase A di SDN Langgenharjo 01 tahun pelajaran 2024/2025. Sampel yang
diambil adalah 3 guru kelas fase A SDN Langgenharjo 01 tahun pelajaran
2024/2025. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi.
Hasil penilaian guru pretest, protest dan angket motorik kasar siswa fase A
menunjukkan bahwa adanya peningkatan mmotorik kasar siswa fase A dengan
prosentase (93%). Kesimpulannya bahwa keberhasilan perkembangan kemampuan
motorik kasar siswa fase A di SDN Langgenharjo 01 dalam penggunaan media
audio visual senam Si Buyung dapat dikatakan sangat baik. Karena penggunaan
media audio visual sangat membantu guru dan siswa pada kegiatan senam Si
Buyung. Kegiatan rutin senam Si Buyung yang dilakukan di setiap hari Sabtu juga
menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasulan perkembangan motorik kasar
siswa fase A di SDN Langgenharjo 01.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
media audio visual senam Si Buyung dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Senam Si Buyung, Motorik Kasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:12
Last Modified: 25 Sep 2024 07:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item
View Item