ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENSTIMULASI NUMERASI ANAK 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN MENJANGAN KOTA SEMARANG

MUTMAINAH, LATIF (2024) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENSTIMULASI NUMERASI ANAK 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN MENJANGAN KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LATIF MUTMAINAH 17150052.pdf] Text
LATIF MUTMAINAH 17150052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

LATIF MUTMAINAH. NPM 17150052. “Analisis Pengggunaan Media Loose
Parts dalam Menstimulasi Numerasi Anak Usia 5 -6 Tahun di TK Islam Nurul
Iman Menjangan Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dr.Ir,
Anita Chandra Dewi S., M.Pd., dan Ismatul Khasanah, S.Pd.I., M.Pd. Agustus
2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penyelenggaraan
pendidikan anak usia dini banyak mengalami permasalahan-permasalahan dalam
proses pembelajaran. Seperti halnya kurangnya kreativitas dan inovasi guru, serta
alat permainan edukatif yang kurang mendukung, sehingga proses pembelajaran
kurang mendorong kemampuan anak dalam berkreativitas serta berpikir tingkat
tinggi.
Berdasarkan konteks penelitian, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah
“Bagaimanakah Penggunaan media Loose Part dalam Menstimulasi numerasi
anak usia 5-6 tahun di TK Islam nurul iman menjangan Semarang” Tujuan yang
ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media
Loose Part dalam menstimulasi numerasi anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul
Iman Menjangan Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
berupa kata-kata, tulis, lisan, dan gambar. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK
Islam Nurul Iman Menjangan Semarang
Hasil penelitian yang dilakukan di TK Islam Nurul Iman Menjangan Semarang,
Media Loose Part memberikan dampak positif dan lebih optimal dalam
Menstimulasi numerasi untuk anak usia 5-6 tahun. Kemudahan dalam
menemukan bahan dan kebebasan anak berkreasi sesuai dengan idenya sendiri
sesuai dengan pedoman pada kurikulim merdeka.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru
dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide permainan untuk
menggunakan media media loose part agar semakin terstimulasi kemampuan
numerasi anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci : Media loose parts, numerasi anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:11
Last Modified: 25 Sep 2024 07:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item
View Item