Ulfani, Laily (2024) PENGARUH POHON LITERASI PADA PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KINGDOM ANIMALIA TERHADAP PENINGKATAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA MTS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LAILY ULFANI - 17320106 - Laily Ulfani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pohon
literasi model PjBL ( Project Based Learning ) pada materi kingdom animalia
terhadap berfikir kritis dan kreativitas siswa MTs. Jenis Penelitian ini adalah
eksperimen quasi dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Jenis
samplingnya yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan soal tes, rubrik berfikir kritis dan kreativitas yang diberikan pada
siswa. Untuk mengukur berfikir kritis siswa, tes dilakukan sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan atau yang disebut pre-test dan post-test. Teknik analisis data
pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan SPSS versi
27. Hasil penelitian Kelas VII A mendapat nilai N-Gain 0,46 barada dalam kategori
sedang dan dan hasil uji paired sampel T-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.001
< 0.05 maka data pada penelitian ini dapat dikatakan terdapat peningkatan rata-rata
berfikir kritis dan kreativitas siswa. Maka dalam penelitian ini Ho diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pohon literasi pada model
pjbl dalam pembelajaran kingdom animalia terhadap berfikir kritis dan kreativitas
siswa MTs.
Kata kunci : Berfikir Kritis, Kreativitas, PjBL
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4802 |