WIDYANINGRUM, RATNA (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI BILANGAN PECAHAN PEMBELAJARAN KELAS 3 SD N 1 GEBANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ratna Widyaningrum 17120316.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
RATNA WIDYANINGRUM, NPM 17120316. “ Menganalisis Kesulitan Belajar
Dalam Memecahkan Masalah Operasi Bilangan Matematika Kelas 3 SD N 1 Gebangan
Tahun Pelajaran 2024/2025”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil peserta
didik terhadap pemahaman tentang operasi bilangan matematika yang disebabkan oleh
kesulitan belajar dalam masalah operasi bilangan matematika. 1.Bagaimana kesulitan
belajar siswa kelas 3 pada materi operasi pecahan di SD N 1 Gebangan Kecamatan
Pageruyung Kabupaten Kendal. 2. Bagaimana Faktor yang menyebakan kesulitan
belajar pada siswa kelas 3 pada materi operasi pecahan di SD N 1 Gebangan Kecamatan
Pageruyung Kabupaten Kendal.
Tujuan pendidikan nasional di Indonesia telah dirumuskan secara formal
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1998 tentang system pendidkan
nasionl, bertujuan untuk mencerdasakan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan ( Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun
1998, tentang system pendidikan nasional, 1998)
Berdasarkan hasil penelitian analisi kesulitan belajar dalam operasi pecahan
pada pembelajaran luring tema 5 subtema 1 kelas 3 SD N 1 GEBANGAN Kecamatan
Pageruyung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2024/2025 dapat disimpulkan sebagai
berikut: 1.Kesulitan dalam pelajaran matematika yang dialami oleh siswa meliputi tiga
jenis kesulitan yaitu, kesulitan menerapkan prinsip, dan kesulitan menyelesaikan
masalah verbal.
2.Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan
juga faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari siswa adalah minat belajar siswa
yang kurang, kesehatan tubuh, kemampuan pengindraan, kemampua intelektual.
Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa adalah kurangnya penggunaan
media pembelajaran dan motivasi guru. 3. Upaya yang dapat dilakukan untuk
mengurangi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami siswa dan
faktor yang menyebabkannya adalah memberikan latihan soal yang bervariasi,
menggunakan media pembelajaran yang kongkret, bekerjasama dengan orang tua, dan
bimbingan belajar.
Metode penelitian yang penliti gunakan adalaha metodologi penelitian kualitatif.
Menurut Denzin & Licoln (2011) menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah
penlitian yang menggunakan latar belakang lamiah dengan maksud menafsirkan
fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang
ada. Dari pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa penlitian kualitatif adalah
pengumpulan data pada suatu layer alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena
viii
yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengmabilan sampel
sumber data dilakukan purposive dan snowball.
Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor
internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari siswa adalah minat
belajar siswa yang kurang, kesehatan tubuh, kemampuan pengindraan, kemampua
intelektual. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa adalah kurangnya
penggunaan media pembelajaran dan motivasi guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4796 |