WARDANI, RANI KUSUMA (2024) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DUCK SCALES DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA GAYA HIDUP KEBERLANJUTAN KELAS III SD NEGERI 4 KUWARON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RANI KUSUMA WARDANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
RANI KUSUMA WARDANI. NPM 17120043. “Analisis Penggunaan Media
Interaktif Duck Scales dalam Profil pelajar pancasila Tema Gaya Hidup
Berkelanjutan Kelas III SD Negeri 4 Kuwaron”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan media
interaktif dalam pembelajaran menjadi topik yang menarik dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran, terutama dalam konteks pembentukan karakter dan
kesadaran lingkungan pada peserta didik. Profil pelajar pancasila (P5)
menekankan pentingnya pembentukan karakter peserta didik yang berakhlak
mulia dan peduli terhadap lingkungan. Salah satu tantangan dalam implementasi
P5 adalah kesulitan mengintegrasikan konsep berkelanjutan dengan pembelajaran
yang menarik dan mudah dipahami peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana media interaktif
duck scales dapat mendukung profil pelajar pancasila?, 2) Bagaimana pengalaman
peserta didik menggunakan media interaktif duck scales dalam profil pelajar
pancasila?, 3) Bagaimana peningkatan kesadaran siswa dalam mengelola sampah
setelah penggunaan media interaktif duck scales di kelas III SD Negeri 4
Kuwaron ? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis penggunaan media interaktif duck scales dalam mendukung Profil
pelajar pancasila, untuk mengeksplorasi pengalaman peserta didik dalam
menggunakan media interaktif duck scales selama profil pelajar pancasila di SD
Negeri 4 Kuwaron, dan untuk mengetahui peningkatan kesadaran siswa dalam
pengelolaan sampah pada penerapan profil pelajar Pancasila setelah menggunakan
media interaktif duck scales di kelas III SD Negeri 4 Kuwaron.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
ini adalah 29 siswa kelas III yang telah menggunakan media interaktif Duck
Scales. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Duck
Scales dalam Profil pelajar pancasila memberikan dampak positif terhadap
kesadaran lingkungan siswa kelas III SD Negeri 4 Kuwaron. Media ini berhasil
menanamkan pemahaman tentang pengelolaan sampah dan perilaku peserta didik
yang lebih peduli terhadap lingkungan serta berakhlak mulia.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
penggunaan Duck Scales perlu direncanakan secara konsisten di semua tingkatan
kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4793 |