Sugestian, Raviqi Amirul (2024) ANALISIS KESUKSESAN BERDAGANG DI PASAR GRENGSENG KABUPATEN BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Raviqi Amirul Sugestian-17220057.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Raviqi Amirul Sugestian, NPM 17220057 “Analisis Kesuksesan Berdagang Di
Pasar Grengseng Kabupaten Brebes”, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan penjual menjual barang yang
sama dengan lokasi yang saling berdekatan dan tidak memikirkan bagaimana posisi
pembeli membeli dagangan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
pertimbangan pembeli berbelanja,jenis produk yang dijual, tata letak serta
pendapatan yang dilakukan dipasar Grengseng. Metode penelitian dengan jenis
penelitian kualitatif studi kasus, subyek penelitian ini adalah dua pedagang dan tiga
pembeli di pasar Grengseng Kecamatan Paguyangan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data Miles
dan Huberman. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa 1)Minat
pembeli yang membeli barang dagang para pedagang lebih banyak para pembeli
lokal disekitar pasar Grengseng yang enggan berbelanja di pasar Induk Bumiayu
dan pasar induk Ajibarang, karena kualitas barang yang dijual sama baiknya maka
para pembeli merasa lebih efisien membeli di pasar Grengseng.
2) Jenis produk di pasar Grengseng menjual pemenuhan sehari – hari
seperti sembako seperti beras, minyak bumbu dapur, teh lokal, gula merah dan
bahan pangan yang lain, adapula barang yang kemudian dijual lahi oleh pembeli
dalam bentuk usaha yang lebih kecil. 3) Tata letak di pasar Grengseng mempunyai
tata letak yang mempunyai banyak kios dan los baik didalam dan diluar pasar,
dikarenakan letak parkiran didepan pasar maka pemilik kios yang berada di depan
pasar memiliki keuntungan lebih daripada pemilik kios yang ada didalam pasar.
Para pedagangpun memiliki banyak cara untuk memikat para pedagang agar
memiliki pelanggan yang lebih banyak. 4) Omzet para pedagang mempunyai cara
sendiri untuk menaikan omzet yaitu dengan menggunakan berbagai layanan
seperti pemberian barang yang kualitasnya sedikit buruk sebagai bonus dalam
pembelian, pemberian tunjangan hari raya seperti memberikan peralatan dapur
serta memberikan barang terlebih dahulu dan pembayaran dapat dilakukan setelah
barang tersebut terjual namun hal ini hanya diberikan kepada pelanggan tetap.
Kata Kunci : Pasar Grengseng, Minat Pembeli di Pasar , Tata Letak Kios
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4787 |