PENGEMBANGAN MEDIA OLI CERNA DENGAN MODEL STAD PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG

WIBAWA, DIAN SANTOSA ANTAKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA OLI CERNA DENGAN MODEL STAD PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DIAN SANTOSA ANTAKA WIBAWA.pdf] Text
DIAN SANTOSA ANTAKA WIBAWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

DIAN SANTOSA ANTAKA WIBAWA. NPM 20120046. “Pengembangan
Media Oli Cerna dengan Model STAD pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem
Pencernaan Manusia Kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 03 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Pembelajaran IPAS merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib
diberikan di setiap jenjang pendidikan. Berdasarkan data observasi, wawancara,
dan hasil belajar diperoleh informasi bahwa pembelajaran IPAS di kelas VB SDN
Kalibanteng Kidul 03 belum optimal. Penggunaan media pembelajaran terbatas
pada gambar yang terdapat di buku ajar sehingga siswa kurang aktif dalam
pembelajaran dan hasil belajar IPAS menjadi rendah. Solusinya perlu
dikembangkan media inovatif yaitu oli cerna dengan model STAD pada
pembelajaran IPAS.
Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan langkah
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi
produk dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VB
SDN Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Sampelnya adalah siswa kelas VB dengan
teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, angket, tes serta dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis
data produk, analisis data awal, uji-t, uji gain dan analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan oli cerna dengan model STAD layak
digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 90% dan
komponen penyajian 100%. Nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (-5,570 < -2,085).
Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya media oli cerna
model STAD efektif digunakan pada pembelajaran IPAS dan peningkatan rata-rata
gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
hendaknya media oli cerna model STAD dapat dijadikan alternatif untuk membantu
guru menjelaskan materi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media oli cerna; STAD; IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:28
Last Modified: 25 Sep 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item
View Item