HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA FAFAGE AKADEMI FUTSAL BANJARNEGARA

SANTOSO, DADANG DWI (2023) HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA FAFAGE AKADEMI FUTSAL BANJARNEGARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DADANG DWI SANTOSO.pdf] Text
DADANG DWI SANTOSO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DADANG DWI SANTOSO. NPM 17110089. “ HUBUNGAN PERCAYA DIRI
DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA FAFAGE FUTSAL AKADEMI
BANJARNEGARA” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Dr. Dini Rakhmawati S.Pd., M.Pd.sebagai dosen pembimbing I, Dr. Venty S.Ag.,
M.Pd. Sebagai dosem pembimbing II.
Latar belakang penelitian in adalah karena banyanya siswa yang merasa
kurang percaya diri di sebuah lingkungan baru maupun. Skripsi kuantitatif dari
penelitian yang dilakukan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar
hubungan percaya diri dengan penyesuaian diri siswa Fafage Futsal Akademi
Banjarnegara.
Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa Fafage Akademi Futsal sebanyak 90 siswa. Sampel
penelitian sebanyak 25 siswa dihitung menggunakan tabel penentuan jumlah
sampel. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data skala percaya diri dan
penyesuaian diri siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas. Uji
reliabilitas instrumen skala kepercayaan diri dihitung dengan rumus Alpha
Cronbach. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear
sederhana.
Hasil Uji hipotesis membuktikan bahwa ada hubungan negatif antara
percaya diri dengan penyesuaian diri. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi
product moment diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) antara percaya diriy (X)
dengan penyesuaian diri (Y) sebesar 0,004 > 0,05 yang berarti tidak ada korelasi
antara variabel percaya diri dengan penyesuaian diri peserta didik. Nilai r hitung
(Pearson Correlations) untuk hubungan percaya diri (X) dengan penyesuaian
diri (Y) sebesar 0,350 < r tabel 0,214 maka dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan atau korelasi antara variabel percaya diri dengan penyesuaian diri
peserta didik hubungan r hitung atau (Pearson Correlations) dalam analisis ini
bersifat positif.
Kata kunci : percaya diri, penyesuaian diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:10
Last Modified: 25 Sep 2024 06:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item
View Item