USANTORO, JOKO EBIB (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS ANDROID “SI TEPAT” PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD DI KECAMATAN WONOBOYO TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JOKO EBIB USANTORO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
JOKO
EBIB
USANTORO.
NPM
19120360.
“Pengembangan
Media
Pembelajaran Membaca Berbasis Android “Si Tepat” Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Siswa Kelas I Sd Di Kecamatan Wonoboyo Temanggung”. Skripsi.
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas
PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa merasa kesulitan dan
bosan ketika belajar membaca permulaan serta pembelajaran yang monoton
menjadikan siswa kurang merasa senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran
berbasis Android SI TEPAT untuk membantu guru dalam melakukan pembelajaran
terutama dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca.
Penelitian ini bertujuan dalam untuk mengetahui pengembangan media berbasis
Andorid “SI TEPAT” dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik
di Sekolah Dasar di Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model Sugiyono. Populasi
dan sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 pada 3 Sekolah
Dasar di Kecamatan Wonoboyo yang terdiri dari SD Negeri Wates, SD Negeri 2
Kebonsari, dan SD Negeri Semen. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa
langkah, yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain, dan uji coba lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi berbasis android SI TEPAT
sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil tersebut
diperoleh dari hasil validasi a) ahli media aspek tampilan memeproleh skor 90%
dengan kategori sangat layak, aspek pemrograman memperoleh skor 87,5 %
dengan kategori sangat layak; b) ahli materi pada aspek kualitas materi memperoleh
skor 100 % dan aspek isi memperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak; c)
respon guru sebesar 96,33% dengan kategori sangat layak; d) respon siswa sebesar
87,61% dengan kategori sangat layak.
Berdasarkan hasil penelitan saran yang dapat disampaikan adalah supaya media
SI TEPAT dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk membantu
memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:51 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4764 |